Home / Tentang Program Studi S1 Gizi Kesehatan

Tentang Program Studi S1 Gizi Kesehatan

Logo UGMPermasalahan gizi bukan saja bervariasi antar wilayah propinsi karena perbedaan potensi dan ketahanan pangan setempat serta beranekaragamnya sosial budaya dan kondisi psikologis individu atau masyarakat, namun juga bervariasi antar daerah perkotaan dan daerah pedesaan yang dipengaruhi oleh faktor produksi/persediaan pangan, distribusi dan konsumsi gizi. Penanganannya dilakukan melalui kerjasama lintas program dan lintas sektoral, baik oleh pemerintah swasta maupun lembaga swadaya masyarakat. Penanganan masalah gizi bukan sekedar menurunkan prevalensi penderita kekurangan gizi dan menekan gangguan akibat gizi lebih, namun lebih jauh menuju masyarakat sadar gizi yang cerdas, kreatif, produktif secara sosial dan ekonomis.

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan upaya perbaikan gizi adalah keadaan ketenagaan gizi yang ada. Kendala yang dihadapi upaya perbaikan gizi kaitannya dengan faktor ketenagaan gizi adalah terbatasnya jumlah tenaga gizi yang ada dalam unit pelayanan, dan kurang sesuainya kompetensi tenaga yang ada dengan lingkup permasalahan ataupun program yang berkembang. Program Studi S1 Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tenaga ahli gizi berkualitas di Indonesia yang dapat memberikan alternatif strategi untuk menghadapi dan memecahkan masalah-masalah kesehatan masyarakat yang makin komplek berkaitan dengan masalah gizi.

Program Studi S1 Gizi Kesehatan didirikan berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada nomor : 6/P/SK/HKTL/2003 tanggal 13 Januari 2003 jo no 53/P/SK/HKTL/2003 tanggal 5 Maret 2003 dan SK Dirjen DIKTI no 487/D/T/2004 tanggal 30 Desember 2004. Telah diperbaharui SK Rektor No. 74/P/SK/HT/2007 Tanggal 22 Januari 2007 dan SK Rektor UGM No. 431/P/SK/HT/2008 tanggal 2 September 2008. Dengan status akreditasi “A oleh BAN-PT dengan no. Surat Keputusan 468/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014 tertanggal 14 Desember 2014.