logoatasKonseling gizi merupakan proses pemberian dukungan pada pasien/klien yang ditandai dengan adanya hubungan kerjasama antara konselor dengan klien/pasien dalam menentukan prioritas makanan, gizi dan aktivitas fisik, tujuan/target, rancangan kegiatan yang dapat diterima dan dapat mendukung rasa tanggung jawab untuk merawat dirinya sendiri untuk mengatasi masalah yang ada dan untuk meningkatkan kesehatan. Konseling gizi memberikan solusi bersama antara ahli gizi dan klien/pasien untuk permasalahan gizi yang dialami klien/pasien sehingga diperoleh kesepakatan dalam pengaturan makan untuk mendukung kesehatan atau kesembuhan klien/pasien.

Konseling gizi di klinik Departemen Gizi Kesehatan FK UGM menawarkan berbagai pelayanan konseling gizi bagi klien sehat ataupun yang mempunyai penyakit/keluhan kesehatan (pasien penyakit tertentu). Untuk klien sehat konseling dapat diberikan kepada semua golongan usia yang membutuhkan penjelasan terkait gizi seperti pada calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, bayi, anak, dewasa hingga usia lanjut untuk mencapai pertumbuhan/kesehatan yang optimal. Untuk pasien dengan penyakit tertentu seperti diabetes melitus, gangguan jantung, ginjal, obesitas/kelebihan berat badan, dsb, diberikan konseling gizi untuk membantu dalam pengaturan asupan makanan agar mencapai kualitas hidup yang baik serta mencegah komplikasi penyakit.

Konseling gizi di Departemen Gizi Kesehatan FK UGM bertujuan untuk membantu masyarakat di lingkungan sekitar yang mempunyai permasalahan gizi, sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat dosen Departemen Gizi yang juga merupakan seorang dietisien (ahli gizi). Konseling gizi juga merupakan suatu wahana pembelajaran bagi mahasiswa Prodi Gizi Kesehatan FK UGM agar terpapar dengan proses konseling gizi langsung pada klien/pasien.
Konseling merupakan suatu hal yang sangat mendukung tercapainya keberhasilan intervensi gizi. Seperti halnya penelitian yang dilakukan dosen di Departemen Gizi Kesehatan FK UGM, salah satunya adalah penelitian Harry Freitag LM, M.Sc, RD yang memasukkan konseling gizi sebagai bagian dari treatmen untuk penanganan obesitas.