Home / Fase Pembelajaran

Fase Pembelajaran

Berdasarkan teori perkembangan pembelajaran dalam pendidikan ilmu gizi, Program Studi S1 Gizi Kesehatan UGM merumuskan pembagian fase pembelajaran S1 Gizi sebagai berikut :

Fase 1   : Ilmu Gizi Dasar

Fase 2   : Gizi Normal

Fase 3   : Gizi Patologis

Fase 4   : Pelayanan

Fase 1 (Tahun 1) : Ilmu Dasar

Pada fase ini mahasiswa Program Studi Gizi Kesehatan mendapatkan sejumlah pengetahuan tentang ilmu biomedis, ilmu gizi dan ilmu pangan dalam suatu sistem. Selama dalam fase ini mahasiswa mendapatkan konsep-konsep dasar yang mendasari pelayanan gizi baik di bidang klinik, institusi maupun masyarakat.

Pada akhir tahun pertama (fase 1) mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Memahami dasar ilmu gizi, ilmu biomedik dan ilmu pangan dalam sebuah sistem yang berkaitan dengan gizi dan kesehatan manusia secara menyeluruh
  2. Memahami komponen ilmu-ilmu non biologis yang berhubungan dengan masalah gizi dan kesehatan.

Fase 2 (Tahun 2) : Gizi Normal
Pada fase ini mahasiswa memasuki tahun kedua yaitu fase gizi normal. Pada tahap ini merupakan dasar pengetahuan tentang ilmu gizi pada penyelesaian masalah kesehatan dalam keadaan normal melalui pendekatan kesehatan individu dan masyarakat.

Pada akhir pembelajaran fase ini, mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan seluruh ilmu dasar yang diperoleh di fase sebelumnya secara terstruktur dan sistematis untuk diimplementasikan dalam pelayanan gizi dan kesehatan dalam kondisi normal.

Fase 3 (Tahun 3 dan 4) : Gizi Patologis

Pada fase ini mahasiswa memasuki tahun ketiga dan keempat yaitu fase patofisiologis. Pada tahap ini merupakan integrasi pengetahuan dasar dan ilmu gizi pada penyelesaian masalah kesehatan dalam keadaan khusus baik melalui pendekatan kesehatan individu dan masyarakat.

Mahasiswa terampil melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi masalah gizi pada keadaan khusus baik secara individu dan masyarakat.

Fase 4 (Tahun 5) : Pelayanan

Fase 4 merupakan penerapan pengetahuan, sikap, keterampilan, dalam pelayanan di bidang gizi klinik, masyarakat, dan penyelenggaraan makanan.

  1. Mahasiswa terampil mengelola kegiatan asuhan gizi klien
  2. Mahasiswa terampil melakukan pelayanan gizi dalam rangka pencegahan dan penanggulangan masalah gizi di masyarakat
  3. Mahasiswa terampil mengelola penyelenggaraan makanan massal

Peta Kurikulum

Di dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Program Studi Gizi Kesehatan, peta kurikulum dijabarkan dalam fase pembelajaran dan 7 bidang ilmu, yaitu Humaniora (H), Biomedis (B), Gizi Manusia (GM), Ilmu Pangan (P), Ilmu Sosial (IS), Ilmu Manajemen (IM) dan Riset (R).

Peta Kurikulum