Home / Berita / Flinders Elective Program 2017: Introduction to Nutrition Problems in Indonesia

Flinders Elective Program 2017: Introduction to Nutrition Problems in Indonesia

Program ini khusus diselenggarakan untuk mahasiswa Flinders University Australia dimana sejak tahun 2016 Flinders mengirimkan mahasiswanya mengikuti program elektif untuk mengenal sistem perawatan kesehatan di Indonesia, khususnya di Provinsi Yogyakarta. Selain itu juga, mahasiswa dikenalkan beberapa permasalahan gizi di Indonesia.

Sistem pembelajaran dilakukan didalam kelas maupun diluar kelas. Didalam kelas mahasiswa dipaparkan berbagai hasil penelitian dosen-dosen Departemen Gizi Kesehatan FK UGM mengenai permasalahan gizi di Indonesia. Sedangkan untuk penempatan pembelajaran di lapangan, mahasiswa dipaparkan dua bidang yaitu gizi klinik dan gizi masyarakat. Penempatan dibidang gizi klinik dilakukan di RSUP. Dr Sardjito dan RS UGM dan penempatan dibidang gizi masyarakat, mahasiswa ditunjukkan kasus malnutrisi sesungguhnya melalui kunjungan lapangan di Puskesmas di wilayah Kabupaten Sleman seperti Puskesmas Seyegan, Puskesmas Mlati dan Puskesmas Ngemplak 2 serta di wilayah Kota Yogyakarta mahasiswa berkunjung ke Rumah Pemulihan Gizi (RPG).

Selain kasus malnutrisi, mahasiswa dikenalkan dengan aktifitas ahli gizi di masyarakat seperti memberikan penyuluhan terkait jajanan sekolah yang sehat, pendampingan pada komunitas Ayah Peduli ASI, dll. Program ini dilaksanakan dari tanggal 1 –21 Mei 2017. Departemen Gizi Kesehatan FK UGM telah melakukan beberapa penjajakan kerjasama dengan universitas lain di luar negeri sehingga untuk kedepannya dari segi peserta tidak hanya terbatas mahasiswa Flinders University saja namun dimungkinkan mahasiswa dari universitas lain juga turut berpartisipasi. (Adhe)

Baca juga

Rekrutmen Staf Paruh Waktu (Part Timer)

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada membuka kesempatan bagi mahasiswa maupun alumni ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *