Home / Berita / Simposium Gizi Nasional 2015

Simposium Gizi Nasional 2015

Himpunan Mahasiswa Gizi Kesehatan (HIMAGIKA) bekerja sama dengan Program Studi S1 Gizi Kesehatan FK UGM telah usai mengadakan Simposium Gizi Nasional 2015. Simposium Gizi Nasional (SGN) diadakan pada tanggal 7 November 2015 bertempat di Auditorium Fakultas Kedokteran UGM. Pada tahun ini, Simposium Gizi Nasional mengangkat tema sindroma metabolic dan mengundang tiga pembicara baik nasional dan internasional. Ketiga pembicara tersebut adalah Assoc. Prof. Dr. Hamid Jan B. Jan Mohamed dari Universiti Sains Malaysia (USM), Dr. Martalena Br. Purba, MCN., Ph.D. dari RSUP dr. Sardjito selaku Ketua Asosiasi Dietisien Indonesia (AsDI), dan Prof. Ir. Y. Marsono, MS.,Ph.D. selaku Dosen Pengajar dan Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian UGM.

Lebih dari 200 orang peserta tampak antusias menghadiri simposium ini. Tak heran, materi-materi yang diberikan berhasil mengupas isu-isu hangat seputar sindroma metabolic dari berbagai sudut pandang yaitu sudut pandang gizi, perilaku dan pengetahuan, serta teknologi pangan. Pasa sesi pertama Grand Symposium, Dr. Hamid Jan memberikan materi berkaitan dengan hubungan antara nutrisi pada awal kehidupan dengan perkembangan sindrom metabolic pada masa dewasa. Materi pada sesi ini berhasil mengundang banyak diskusi terutama membahas permasalahan-permasalahan terkait sindrom metabolic di Indonesia dan Malaysia. Pada sesi kedua Dr. Martalena mengupas lebih dalam sindrom metabolic dilihat dari pola pengetahuan dan kebiasaan makan. Akhirnya Grand symposium ditutup dengan materi dari Prof. Marsono mengenai peran pangan lokal dalam pengendalian gula darah yang memberikan contoh nyata penanganan salah satu contoh penyakit sindrom metabolic melalui pangan lokal.

Seusai Grand Symposium, acara dilanjutkan dengan Mini symposium oleh 9 peserta presentasi oral. Kesembilan peserta ini mempresentasikan hasil penelitian mereka yang secara umum terkait pencegahan atau penanganan sindrom metabolik..

Acara kemudian ditutup dengan penampilan dari RATOEH, tari Saman dari Aceh oleh mahasiswi Gizi Kesehatan UGM, serta pemberian hadiah secara simbolis kepada tiga pemenang presentasi oral terbaik. Pemenang pertama adalah Galeh Septiar Pontang dari STIKes Ngudi Waluyo Ungaran dengan judul presentasi “Pengaruh Pemberian Klorofilin terhadap Nitric Oxide (NO) pada Tikus Hiperkolesterolemia”. Kedua kepada Esti Nurwanti dari STIKes Alma Ata Yogyakarta dengan judul materi “Konsumsi Junk Food sebagai Faktor Resiko Obesitas pada Balita di Puskesmas Jetis Kota”. Ketiga kepada Mifetika Lukitasari dari Universitas Gadjah Mada dengan judul materi “Perbedaan Pola Sirkadian Tekanan Darah pada Pasien dengan Hipertensi Terkontrol, Hipertensi Tidak Terkontrol, White Coat Hypertensian, dan Masked Hypertension.” Selamat bagi para pemenang dan sampai jumpa para peserta di Simposium Gizi Nasional 2016!

Baca juga

IMG_1264

Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI)

Selamat kepada Dewa Bagaskara Gama sebagai Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) kategori Mahasiswa yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *