Home / Berita / Program Kreativitas Mahasiswa – Pengabdian Masyarakat

Program Kreativitas Mahasiswa – Pengabdian Masyarakat

Program Kreativitas Mahasiswa – Pengabdian Masyarakat
Iyan Kasela (Inisiasi Layanan Kader Sehat Lansia), Dari Lansia Untuk Lansia : Hidup Bahagia dan Bermakna Di Hari Tua
Dosen Pembimbing:Siti Helmiyati, DCN, M.Kes.

Anggota:
Ria Pitrasti (11/317176/KU/14442)
Helida Haerini (09/284210/PA/12842)
Heriski Dwiutami (11/312450/KU/14364)
Rio Aditya Pratama (11/312451/KU/14365)
Af’idatul Mudzakir (11/317416/KU/14650)

Kami tim PKM-M “Iyan Kasela” yang terdiri dari 3 orang mahasiswa Gizi Kesehatan UGM dengan nama Ria, Rio, Heris dan 1 orang mahasiswa Pendidikan dokter UGM dengan nama Ida, dan 1 orang mahasiswa dari statistika dengan nama Helida. Yang berada di bawah bimbingan Ibu Siti Helmyati, DCN, M.Kes , beliau merupakan seorang dosen yang mengampu mata kuliah di Jurusan Gizi Kesehatan UGM.

PKM-M “Iyan Kasela”(Inisiasi Layanan Kader Sehat Lansia),berada di dusun Genjahan, Ponjong, Gunung Kidul, DIY. Kami memilih di dusun Genjahan karena kami ingin merealisasikan keinginan lansia di dusun tersebut untuk meningkatkan kualitas hidup, terutama dari aspek kesehatan yang mencakup kesehatan rohani dan jasmani.

Di dusun Genjahan sendiri sebenarnya sudah terdapat Posyandu Lansia, akan tetapi menurut kader dari lansia di dusun Genjahan program yang diadakan dari Puskesmas belum sesuai dengan yang diharapkan para lansia di dususun tersebut. Berdasar Data Kepala Desa Genjahan prosentase lansia berkisar 20,54 %.

Program yang kami rencakan dan telah terselenggara , diantaranya :

1.Penyuluhan

Penyuluhan yang kami selenggarakan terdiri dari 2 aspek:

a.Penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Diharapkan lansia di dusun tersebut memahami pentingya kesehatan (istirahat, makan minum yang sehat dll). Kemudian setelah penyuluhan diselenggarakan demo memasak , yang bahan–bahannya mudah didapat di lingkungan sekitar (berbahan lokal). Pembicara yang diundang merupakan salah satu lulusan dari Gizi Kesehatan UGM, yaitu Siti Budi Utami, S.Gz dan Teh Deri dari Lebah Ceria.

b.Pertanian

Kami mengudang pembicara dari alumni mahasiswa pertanian UGM. Topik yang dipaparkan tentang pembuatan Pupuk Organik, diharapkan setalah mengikuti penyuluhan ini lansia bisa membuat pupuk sendiri dari bahan organik yang mudah didapat di pekarangan/lingkungan sekitar. Setelah itu dilanjutkan dengan penanaman benih yang telah kami sediakan.

Sebelumnya tim kami memberikan bibit ikan, yang dikembangbiakan di ladang percontohan agar lansia yang ingin mengembangkan bibit ikan di rumah dapat megambil dari bibit yang telah disediakan. Hal ini dimaksudkan untuk membentuk lansia yang mandiri.

2.Elderly spa .

Diharapkan dengan dibangunnya pemandian air panas ini dapat membantu merelaksasikan lansia di dusun genjahan setelah berkerja diladang( program ini merupakan usulan dari kader yang ada di desa tersebut).

3. Nakula

Memiliki kepanjangan yaitu ” Nabung Khusus Lansia “, tujuan dari program agar lansia di dusun tersebut memilki uang khas bersama, nakula digunakan untuk kegiatan sosial dan kegiatan lainnya seperti makan bersama.

4. Ceramah rohani

Tujuan dari program ini adalah untuk mengingatkan lansia bahwa selain kesehatan jasmani yang pelu ditingkatkan , kesehatan rohanipun perlu diadakan agar lansia lebih dekat pada Sang Pencipta.

5. Senam lansia yang dilanjutkan dengan makan bersama

Kegiatan ini sudah rutin diadakan seminggu 2 kali , yaitu hari Rabu dan Sabtu. Lansia di dusun genjahan menirukan gerakan senam dari video. Tujuan dari senam ini untuk menjaga kebugaran para lansia serta saling mengakrabkan karena setelah senam dilanjutkan dengan makan bersama.

6.Pembuatan KMS lansia

Di dusun Genjahan sendiri sebenarnya sudah ada Posyandu. Agar kesehatan Lansia dapat dipantau maka TIM kami berinisiatif untuk membuat KMS lansia yang disuaikan dengan kondisi di dusun tersebut.

Dari keseluruhan program yang telah dijabarkan, semuanya sudah terlaksana. Kami sempat mewawancarai beberapa lansia di sana, dan tanggapan dari lansia di sana senang dan juga para lansia sedang mencoba untuk rutin melaksanakan program dari kami. Harapan kami setelah berjalannya program yang telah kami selenggaran dapat meningkatkan kesehatan lansia baik jasmani dan rohani, serta menambah keakraban dan menjadi lansia yang mandiri.

Baca juga

IMG_1264

Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI)

Selamat kepada Dewa Bagaskara Gama sebagai Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) kategori Mahasiswa yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *